BAB IV
PEMBAHASAN
4.1
Laporan Aktifitas Selama Praktek
Kerja Lapangan
Penelitian ini dilakukan pada CV. Fajar Lestari yang beralamat di jalan K.H. Agus Anang No. 2 Teluk
Betung Selatan, Bandarlampung, berikut ini kegiatan-kegiatan yang di lakukan selama PKL:
1.
Membantu bagian penjualan cross cek faktur penjualan
2.
Membantu bagian EDP/IT memperbaiki perangkat komputer
pergawai yang bermasalah/rusak.
4.2
Analisis
Prosedur Pemasaran Dan Penjualan Pada CV. Fajar Lestari
Berikut ini adalah prosedur sistem yang sedang berjalan yaitu sistem transaksi pemesanan dan penjualan
produk pada CV. Fajar Lestari :
1.
Proses pertama toko mengorder barang dengan cara
membuat data pesanan dan data tersebut diberikan kepada sales
2.
Selanjutnya sales
membuat SO (Sales Orde) dan
menyetorkan SO ke bagian penjualan (Fakturis)
3.
Fakturis menginputkan SO (Sales Order) menjadi DO (Delevery Order) kemudian menyerah kan Do kepada gudang
4.
Dan selanjutnya bagian gudang mengecek ketersediaan
produk dan memuat barang ke mobil sesuai dengan DO selanjutnya DO di kembalikan
ke bagian penjualan
5.
Fakturis membuat faktur berdasarkan DO
dan mencetak faktur sebanyak 4 rekap
Gambar 4.1 Flowchart Prosedur Sistem berjalan penjualan pada CV. Fajar
Lestari
Keterangan :
1. SO (Sales
Order)
2. DO (Delivery
Order)
3. Faktur Penjualan
4.3
Perancangan
Sistem
4.3.1 Menentukan Kebutuhan Dasar
Penulis melakukan pengumpulan kebutuhan
dasar dengan cara menganalisis sistem yang sedang berjalan dan melakukan tanya
jawab dengan para pengguna sistem serta menentukan perangkat keras dan
perangkat lunak yang akan digunakan
a.
Performance (kinerja)
Kinerja
karyawan dapat dilihat dari kemampuan karyawan melampaui target yang telah di
tetapkan.
-
Kelemahan:
Lambatnya
penyamapaian
sales order sehingga pembuatan faktur akan
terganggu
sehingga transaksi tidak berjalan dengan cepat.
b.
Information (Informasi)
Informasi
ini berupa rekap penjualan sebagai bukti transaksi yang telah di lakukan untuk
memudahkan pembuatan nya sebagai informasi penjualan.
-
Kelemahan:
Terjadi kelambatan
penyediaan rekap penjualan. Untuk informasi penjualan per periode.
c.
Economy (Ekonomis)
Ekonomi perusahaan dilihat dari pendapatan yang di
dapat dan biaya yang dikeluarkan.
-
Kelemahan:
Adanya keterlambatan saat
proses transaksi ini sering menjadi masalah yang akhir nya menyebabkan
perusahaan mengalami penurunan pendapatan.
d.
Control (Pengendalian)
Pengendalian
meliputi keamanan terhadap data atau informasi yang terdapat dalam sistem
informasi penjualan.
-
Kelemahan:
Keamanan
data dan informasi pada sistem informasi penilaian kinerja karyawan mulai terkendali namun perlu membuat pencarian lebih cepat.
e.
Efficiency (Efisiensi)
Efisiensi
dari sistem yang baru adalah pemakaian secara maksimal atas sumber daya yang
tersedia.
-
Kelemahan:
Penginputan penjualan yang dilakukan oleh banyak admin
dan membutuh kan banyak hardware seringkali terjadi masalah, memperlambat
kegiatan transaksi dan membutuhkan cadangan hardware yang banyak.
f.
Services (Pelayanan)
-
Pelayanan dari
segi informasi memiliki sasaran untuk pihak-pihak yang membutuhkan.
-
Kelemahan:
Terjadinya
ketidaktepatan informasi yang diberikan ke konsumen oleh para sales membuat mengakibatkan
kurang baik terhadap konsumen.
4.3.2 Analisis Dokumen Yang Digunakan
Dokumen
yang digunakan dalam proses
transaksi penjualan pada CV. Fajar Lestari adalah :
a.
Sales Order , dokumen yang digunakan untuk merekam pesanan dari
atau pelanggan.
b.
Faktur , dokumen untuk merekam transaksi penjualan antara perusahaan dengan pelanggan.
c.
Delivery Order , dokumen ini digunakan sebagai
surat perintah penyerahan barang, disini antara supir dan bagian gudang.
d.
Surat Jalan Penagihan , merupakan dokumen yang digunakan salesman untuk melakukan
penagihan.
4.3.3 Anallisis Kebutuhan Sistem
A. Kebutuhan Fungsional
-
Pada sistem yang
akan dirancang dibutuhkan menu log masuk yang berfungsi untuk masuk ke menu
utama.
-
Form halaman utama admin digunakan untuk melakukan
pelayanan dan transaksi penjualan serta digunakan untuk mengupdate content website.
-
Form data admin digunakan untuk menginput data admin baru
dan update admin ke dalam sistem.
-
Form data produk digunakan untuk menginput data produk
baru dan update produk ke dalam
sistem.
-
Form data pelanggan digunakan pelanggan untuk mengupdate data pelanggan ke dalam sistem.
-
Form pendaftaran digunakan untuk pengunjung yang
mendaftara ke sistem
-
Form pemesanan digunakan untuk pelanggan memesan produk.
-
Form konfirmasi pendaftaran digunakan admin untuk mengupdate
pembayaran pelanggan.
-
Form rekap penjualan digunakan admin untuk mncetak rekap
penjualan berdasarka periode tanggal.
-
Form cetak faktur digunakan untuk bukti transaksi
penjualan yang telah dilakukan sebelumnya.
-
Form cetak rekap penjualan digunakan untuk daftar
penjualan yang telah di lakukan berdasarkan periode tanggal.
B.
Kebutuhan Non
Fungsional
Perangkat Keras
Perangkat
keras yang digunakan dalam mengembangkan sistem ini adalah:
-
Processor
Intel(R) Pentium(R) 4 CPU 2.26GHz
-
RAM 1 GB
-
Hard disk 320 GB
-
Monitor
-
Keyboard
-
Mouse
Perangkat Lunak
Perangkat
lunak yang digunakan dalam mengembangkan sistem ini adalah
-
Microsoft Windows 7Professional
-
XAMPP Win32 Ver. 1.6.7
-
MySQL
-
Mozzila Firefox 12
-
Adobe Dreamweaver CS5
4.3.4
Mengembangkan Sistem
A.
Use case Diagram
Gambar 4.2 Use
case Diagram Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Pada CV. Fajar Lestari
1.
Definisi Aktor Dan Deskripsi
Tabel
4.1 Definisi Aktor dan Deskripsi
No
|
Aktor
|
Deskripsi
|
1.
|
Pengunjung
|
Pihak yang dapat melakukan
proses pendaftaran untuk menjadi pelanggan perusahaan dan akan mendapatkan
pelayanan yang lebih jika menjadi pelanggan.
|
2.
|
Pelanggan
|
Pihak yang dapat melakukan
proses pemesanan, pemasaran (mendapatkan informasi terbaru mengenai produk
dan event perusahaan) dan pelayanan pelanggan (keluhan, kritik dan
saran dll).
|
3.
|
Admin
|
Pihak yang bertugas dan
memiliki akses penuh terhadap sistem, yaitu dalam proses pelayanan pelanggan
berupa keluhan, kritik dan saran, melakukan proses pemasaran, mengelola
proses pemesanan dan pembayaran serta mengelola laporan penjualan.
|
Untuk Perancangan Class Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram Dan Rancangan Program.
HUBUNGI ==> Mahmudi Rashed Assegaf . HP : 085768195776
manteb gan, saya sangat terbantu
Posting Komentar
Komentar Lah Dengan Bijak