Blogroll

BAB IV PEMBAHASAN



BAB IV
PEMBAHASAN
4.1         Laporan Aktifitas Selama Praktek Kerja Lapangan
Penelitian ini dilakukan pada CV. Fajar Lestari yang beralamat di jalan K.H. Agus Anang No. 2 Teluk Betung Selatan, Bandarlampung, berikut ini kegiatan-kegiatan yang di lakukan selama PKL:
1.    Membantu bagian penjualan cross cek faktur penjualan
2.    Membantu bagian EDP/IT memperbaiki perangkat komputer pergawai yang bermasalah/rusak.

4.2         Analisis Prosedur Pemasaran Dan Penjualan Pada CV. Fajar Lestari
Berikut ini adalah prosedur sistem yang sedang berjalan yaitu sistem transaksi pemesanan dan penjualan produk pada CV. Fajar Lestari :
1.    Proses pertama toko mengorder barang dengan cara membuat data pesanan dan data tersebut diberikan kepada sales
2.    Selanjutnya sales membuat SO (Sales Orde) dan menyetorkan SO ke bagian penjualan (Fakturis)
3.    Fakturis menginputkan SO (Sales Order)  menjadi DO (Delevery Order) kemudian menyerah kan Do kepada gudang
4.    Dan selanjutnya bagian gudang mengecek ketersediaan produk dan memuat barang ke mobil sesuai dengan DO selanjutnya DO di kembalikan ke bagian penjualan
5.    Fakturis membuat faktur berdasarkan DO dan mencetak faktur sebanyak 4 rekap
4.2.1   Bagan Alir Dokumen Sistem Penjualan (Flowchart)


Gambar 4.1 Flowchart Prosedur Sistem berjalan penjualan pada CV. Fajar Lestari
Keterangan      :
1.    SO (Sales Order)
2.    DO (Delivery Order)
3.    Faktur Penjualan
4.3         Perancangan Sistem
4.3.1   Menentukan Kebutuhan Dasar
Penulis melakukan pengumpulan kebutuhan dasar dengan cara menganalisis sistem yang sedang berjalan dan melakukan tanya jawab dengan para pengguna sistem serta menentukan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan
a.              Performance (kinerja)
Kinerja karyawan dapat dilihat dari kemampuan karyawan melampaui target yang telah di tetapkan.
-          Kelemahan:
Lambatnya penyamapaian sales order sehingga pembuatan faktur akan terganggu sehingga transaksi tidak berjalan dengan cepat.
b.             Information (Informasi)
Informasi ini berupa rekap penjualan sebagai bukti transaksi yang telah di lakukan untuk memudahkan pembuatan nya sebagai informasi penjualan.
-          Kelemahan:
Terjadi kelambatan penyediaan rekap penjualan. Untuk informasi penjualan per periode.
c.              Economy (Ekonomis)
Ekonomi perusahaan dilihat dari pendapatan yang di dapat dan biaya yang dikeluarkan.
-          Kelemahan:
Adanya keterlambatan saat proses transaksi ini sering menjadi masalah yang akhir nya  menyebabkan perusahaan mengalami penurunan pendapatan.
d.             Control (Pengendalian)
Pengendalian meliputi keamanan terhadap data atau informasi yang terdapat dalam sistem informasi penjualan.
-          Kelemahan:
Keamanan data dan informasi pada sistem informasi penilaian kinerja karyawan mulai terkendali namun perlu membuat pencarian lebih cepat.
e.              Efficiency (Efisiensi)
Efisiensi dari sistem yang baru adalah pemakaian secara maksimal atas sumber daya yang tersedia.
-          Kelemahan:
Penginputan penjualan yang dilakukan oleh banyak admin dan membutuh kan banyak hardware seringkali terjadi masalah, memperlambat kegiatan transaksi dan membutuhkan cadangan hardware yang banyak.
f.              Services (Pelayanan)
-          Pelayanan dari segi informasi memiliki sasaran untuk pihak-pihak yang membutuhkan.
-          Kelemahan:
Terjadinya ketidaktepatan informasi yang diberikan ke konsumen oleh para sales membuat mengakibatkan kurang baik terhadap konsumen.

4.3.2   Analisis Dokumen Yang Digunakan
Dokumen yang digunakan dalam proses transaksi penjualan pada CV. Fajar Lestari adalah :
a.             Sales Order , dokumen yang digunakan untuk merekam pesanan dari atau pelanggan.
b.             Faktur , dokumen untuk merekam transaksi penjualan antara perusahaan dengan pelanggan.
c.              Delivery Order , dokumen ini digunakan sebagai surat perintah penyerahan barang, disini antara supir dan bagian gudang.
d.             Surat Jalan Penagihan , merupakan dokumen yang digunakan salesman untuk melakukan penagihan.
4.3.3   Anallisis Kebutuhan Sistem
A.       Kebutuhan Fungsional
-          Pada sistem yang akan dirancang dibutuhkan menu log masuk yang berfungsi untuk masuk ke menu utama.
-          Form halaman utama admin digunakan untuk melakukan pelayanan dan transaksi penjualan serta digunakan untuk mengupdate content website.
-          Form data admin digunakan untuk menginput data admin baru dan update admin ke dalam sistem.
-          Form data produk digunakan untuk menginput data produk baru dan update produk ke dalam sistem.
-          Form data pelanggan digunakan pelanggan untuk mengupdate data pelanggan ke dalam sistem.
-          Form pendaftaran digunakan untuk pengunjung yang mendaftara ke sistem 
-          Form pemesanan digunakan untuk pelanggan memesan produk.
-          Form konfirmasi pendaftaran digunakan admin untuk mengupdate
pembayaran pelanggan.
-          Form rekap penjualan digunakan admin untuk mncetak rekap penjualan berdasarka periode tanggal.
-          Form cetak faktur digunakan untuk bukti transaksi penjualan yang telah dilakukan sebelumnya.
-          Form cetak rekap penjualan digunakan untuk daftar penjualan yang telah di lakukan berdasarkan periode tanggal.
B.       Kebutuhan Non Fungsional
*      Perangkat Keras
Perangkat keras yang digunakan dalam mengembangkan sistem ini adalah:
-          Processor Intel(R) Pentium(R) 4 CPU 2.26GHz
-          RAM 1 GB
-          Hard disk 320 GB
-          Monitor
-          Keyboard
-          Mouse
*      Perangkat Lunak
Perangkat lunak yang digunakan dalam mengembangkan sistem ini adalah
-          Microsoft Windows 7Professional
-          XAMPP Win32 Ver. 1.6.7
-          MySQL
-          Mozzila Firefox 12
-          Adobe Dreamweaver CS5
4.3.4   Mengembangkan Sistem
A.           Use case Diagram
Sebuah Use case merepresentasikan sebuah interaksi antara aktor dengan sistem. Adapun Use case diagram sistem informasi penjualan online barang berbasis web yang di usulkan adalah seperti gambar di bawah ini:


Gambar 4.2 Use case Diagram Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Pada CV. Fajar Lestari


1.        Definisi Aktor Dan Deskripsi
Tabel 4.1 Definisi Aktor dan Deskripsi

No
Aktor
Deskripsi
1.
Pengunjung
Pihak yang dapat melakukan proses pendaftaran untuk menjadi pelanggan perusahaan dan akan mendapatkan pelayanan yang lebih jika menjadi pelanggan.
2.
Pelanggan
Pihak yang dapat melakukan proses pemesanan, pemasaran (mendapatkan informasi terbaru mengenai produk dan event perusahaan) dan pelayanan pelanggan (keluhan, kritik dan saran dll).
3.
Admin
Pihak yang bertugas dan memiliki akses penuh terhadap sistem, yaitu dalam proses pelayanan pelanggan berupa keluhan, kritik dan saran, melakukan proses pemasaran, mengelola proses pemesanan dan pembayaran serta mengelola laporan penjualan.

Untuk Perancangan Class Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram Dan Rancangan Program.
HUBUNGI ==> Mahmudi Rashed Assegaf .         HP : 085768195776

iwan mengatakan...

manteb gan, saya sangat terbantu

Posting Komentar

Komentar Lah Dengan Bijak

Next Page

 

Follow Me

Follow Me
Follow Me
Copyright © 2013. Artis Blogger - All Rights Reserved
Design by Gusti Putu Adnyana Powered by idblogsite.com