Seiring
dengan pesat nya perkembangan teknologi di dunia saat ini, internet menjadi sebuah fenomena
luar biasa dalam sejarah kehidupan manusia modern, sebagai jaringan komunikasi
dan informasi global, internet menawarkan
informasi yang melimpah sehingga mampu menjadi alternatif referensi terbaik
dalam pencarian informasi yang dibutuhkan secara cepat dan akurat.
Perkembangan
internet tidak terlepas dari
partisipasi website atau world wide web (www). Website merupakan
layanan penyedia informasi di internet
yang berbasis teks dan grafis. Hadirnya website menimbulkan pemikiran
baru bagi pelaku bisnis, yaitu, untuk mengatasi rintangan batas ruang dan waktu.
E-commerce merupakan sistem baru bagi pelaku bisnis untuk memanfaatkan
teknologi agar lebih efektif dan efisien dalam bertransaksi secara online dengan
website sebagai medianya. E-commerce bukan sekedar mekanisme
menjual barang atau jasa tapi merupakan transformasi bisnis yang mengubah cara
perusahaan dalam melakukan aktivitasnya.
CV. Fajar
Lestari selama ini masih melakukan transaksi penjualan hanya secara offline, serta pemesanan barang yang
dilakukan masih tergantung pada laporan dari sales perusahaan, begitu juga dengan media promosi yang di lakukan yaitu
dengan melakukan promosi produk-produk yang akan disuplai ke customer melalui sales perusahaan yang turun langsung ke lapangan, mereka menawarkan
produk yang tersedia khususnya produk-produk baru, ini menjadikan penyampaian
informasi produk, khusus nya produk-produk baru menjadi terlambat, hal ini
menyebabkan kurang efektif dan efisien dalam memenuhi permintaan pelanggan. Dengan
demikian sering terjadi permasalahan keterlambatan sales dalam melaporkan hasil order
ke bagian penjualan, dan kesalahan penulisan order dan ketidakakuratan stok
barang dengan jumlah permintaan customer.
Sehingga dengan ditambahnya layanan E-Commerce pada CV. Fajar Lestari,
diharapkan dapat menjadi media transaksis penjualan dan promosi yang tepat yang
dapat meningkatkan penjualan serta memperluas pemasaran.
Berdasar
pada permasalahan tersebut, maka dibuat e-commerce
untuk CV. Fajar Lestari. E-commerce memberikan kemudahan bagi konsumen
untuk mengetahui informasi mengenai perusahaan CV. Fajar Lestari dan informasi produk-produk
serta dapat bertransaksi secara online kapan saja dan dimana saja tanpa
harus meninggalkan aktifitas mereka. Sedangkan pembayaranya dapat dilakukan
dengan melalui transfer antar rekening bank. Selain dibuat untuk memperluas
pemasaran dan penjualan produk, e-commerce
ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap para konsumen, sehingga penyusun mengambil
sebuah judul : “Perancangan Sistem Informasi
Penjualan Online Berbasis Web Pada CV.
Fajar Lestari”.
1.2. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang
diuraikan di atas, maka rumusan masalah yang dibahasa dalam laporan PKL ini antara
lain :
1.
Bagaimana merancang
sistem penjualan secara online pada CV.
Fajar Lestari untuk sistem penjualan dan pemesanan yang efektif dan efisien dan
sebagai sarana promosi perusahaan kepada masyarakat luas.
2.
Bagaimana sistem
informasi penjualan online yang
dirancang dapat memudahkan para calon pembeli dalam bertransaksi.
1.3. Batasan Masalah
Laporan Praktek Kerja lapangan ini hanya membahas prosedur
pemesanan hingga pembuatan faktur penjualan dan rekap penjualan dari Sistem Informasi Penjualan Online Berbasis Web Pada CV. Fajar Lestari.
1.4. Tujuan Penulisan Laporan Praktek
Kerja Lapangan
Adapun tujuan dari penyusunan laporan
praktek kerja lapangan adalah:
1.
Menggali pengetahuan tentang dunia kerja dan menerapkan
ilmu-ilmu yang diperoleh di bangku kuliah pada dunia kerja secara nyata.
2.
Merancang website
yang mudah di akses, digunakan dan dapat dipahami (user friendly) untuk mempromosikan sekaligus melakukan transaksi
penjualan yang dilakukan secara online
pada CV. Fajar Lestari.
3.
Salah satu syarat akademik yang harus
dilakukan untuk sarat kelulusan matakuliah Praktek Kerja Lapangan.
1.5. Metode Pengumpulan Data
Untuk mempermudah dan demi kelancaran
penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini, penulis menggunakan
beberapa metode dalam pengumpulan data-datanya, diantanya:
a.
Wawancara
(Interview)
Wawancara adalah metode yang dilakukan
denga cara tanya jawab secara langsung dengan pegawai yang merupakan bagian
terkait mengenai data-data yang diperlukan dalam penuliasan laporan ini.
b.
Pengamatan
( Observation )
Observasi merupakan proses pengamatan yang
dilakukan terhadap kegiatan sehari-hari khususnya mengenai proses penjualan yang melibatkan berapa bagian terkait sehingga
penulis dapat memperoleh data-data yang diperlukan dalam penyusunan laporan
Praktek Kerja Lapangan melalui proses pengamatan sehingga penulis dapat
mengambil keputusan.
c.
Tinjauan
Pustaka (Library Research)
Merupakan teknik pengumpulan data dengan
menggunakan buku-buku dan browsing dari
internet yang berkaitan dengan obyek
yang dibahas dengan data yang diperlukan, hal ini dimaksudkan agar penulis
dapat memecahkan masalah berdasarkan teori teori yang ada dalam penulisan
laporan praktek kerja lapangan.
1.6. Sistematika Penulisan
Agar mempermudah mendapatkan gambaran umum
secara singkat laporan ini, maka sistem penyusunan laporan ini adalah sebagai
berikut:
BAB I Pendahuluan
Bab ini berisikan latar belakang masalah,
rumusan masalah, tujuan penulisan laporan praktek kerja lapangan, metode
pengumpulan data dan sistematika penulisan.
BAB
II Landasan Teori
Bab ini berisi tentang pengertian dasar judul laporan dan definisi-definisi
yang terdapat dalam literatur yang berupa buku dan makalah serta pengertian
menurut ahli yang berkaitan dengan masalah yang dibahas antara lain mengenai penjelasan konsep dasar perancangan,
konsep dasar sistem, konsep dasar informasi, konsep dasar sistem informasi, konsep
dasar penjualan online, konsep dasar internet, perangkat lunak, pengembangan
sistem, analisis PIECES, alat bantu pengembang sistem, unified modeling language (UML), metode pengembang sistem, metode waterfall.
BAB III
Gambaran Umum Perusahaan
Bab ini menguraikan tentang sejarah singkat
CV. Fajar Lestari, visi dan misi CV.
Fajar Lestari, dan struktur organisasi CV. Fajar Lestari serta tugas pokok.
BAB IV
Pembahasan
Bab dalam
ini
menjelaskan tentang uraian kegiatan selama melakukan PKL, analisis
sistem yang sedang berjalan yang diterapkan oleh CV. Fajar Lestari, usulan
desain pengembangan sistem yang baru.
BAB V Simpulan dan Saran
Bab ini berisikan simpulan dan saran, simpulan yang merupakan pernyataan singkat, jelas dan tepat tentang apa yang
diperoleh dari permasalahan, saran memuat berbagai usulan atau pendapat yang dapat
digunakan sebagai masukan untuk perbaikan sistem.
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN
Posting Komentar
Komentar Lah Dengan Bijak