Blogroll

BAB I PENDAHULUAN




BAB I

PENDAHULUAN
1.1.       Latar Belakang Masalah
Seiring dengan pesat nya perkembangan teknologi di dunia saat ini, internet menjadi sebuah fenomena luar biasa dalam sejarah kehidupan manusia modern, sebagai jaringan komunikasi dan informasi global, internet menawarkan informasi yang melimpah sehingga mampu menjadi alternatif referensi terbaik dalam pencarian informasi yang dibutuhkan secara cepat dan akurat.
Perkembangan internet tidak terlepas dari partisipasi website atau world wide web (www). Website merupakan layanan penyedia informasi di internet yang berbasis teks dan grafis. Hadirnya website menimbulkan pemikiran baru bagi pelaku bisnis, yaitu, untuk mengatasi rintangan batas ruang dan waktu. E-commerce merupakan sistem baru bagi pelaku bisnis untuk memanfaatkan teknologi agar lebih efektif dan efisien dalam bertransaksi secara online dengan website sebagai medianya. E-commerce bukan sekedar mekanisme menjual barang atau jasa tapi merupakan transformasi bisnis yang mengubah cara perusahaan dalam melakukan aktivitasnya.
CV. Fajar Lestari selama ini masih melakukan transaksi penjualan hanya secara offline, serta pemesanan barang yang dilakukan masih tergantung pada laporan dari sales perusahaan, begitu juga dengan media promosi yang di lakukan yaitu dengan melakukan promosi produk-produk yang akan disuplai ke customer melalui sales perusahaan yang turun langsung ke lapangan, mereka menawarkan produk yang tersedia khususnya produk-produk baru, ini menjadikan penyampaian informasi produk, khusus nya produk-produk baru menjadi terlambat, hal ini menyebabkan kurang efektif dan efisien dalam memenuhi permintaan pelanggan. Dengan demikian sering terjadi permasalahan keterlambatan sales dalam melaporkan hasil order ke bagian penjualan, dan kesalahan penulisan order dan ketidakakuratan stok barang dengan jumlah permintaan customer. Sehingga dengan ditambahnya layanan E-Commerce pada CV. Fajar Lestari, diharapkan dapat menjadi media transaksis penjualan dan promosi yang tepat yang dapat meningkatkan penjualan serta memperluas pemasaran.
Berdasar pada permasalahan tersebut, maka dibuat e-commerce untuk CV. Fajar Lestari. E-commerce memberikan kemudahan bagi konsumen untuk mengetahui informasi mengenai perusahaan CV. Fajar Lestari dan informasi produk-produk serta dapat bertransaksi secara online kapan saja dan dimana saja tanpa harus meninggalkan aktifitas mereka. Sedangkan pembayaranya dapat dilakukan dengan melalui transfer antar rekening bank. Selain dibuat untuk memperluas pemasaran dan penjualan produk, e-commerce ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap para konsumen, sehingga penyusun mengambil sebuah judul : Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Berbasis Web Pada CV. Fajar Lestari”.

1.2.       Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang diuraikan di atas, maka rumusan masalah yang dibahasa dalam laporan PKL ini antara lain :
1.        Bagaimana merancang sistem penjualan secara online pada CV. Fajar Lestari untuk sistem penjualan dan pemesanan yang efektif dan efisien dan sebagai sarana promosi perusahaan kepada masyarakat luas.
2.        Bagaimana sistem informasi penjualan online yang dirancang dapat memudahkan para calon pembeli dalam bertransaksi.

1.3.       Batasan Masalah
Laporan Praktek Kerja lapangan ini hanya membahas prosedur pemesanan hingga pembuatan faktur penjualan dan rekap penjualan dari Sistem Informasi Penjualan Online Berbasis Web Pada CV. Fajar Lestari.

1.4.       Tujuan Penulisan Laporan Praktek Kerja Lapangan
Adapun tujuan dari penyusunan laporan praktek kerja lapangan adalah:
1.         Menggali pengetahuan tentang dunia kerja dan menerapkan ilmu-ilmu yang diperoleh di bangku kuliah pada dunia kerja secara nyata.
2.        Merancang website yang mudah di akses, digunakan dan dapat dipahami (user friendly) untuk mempromosikan sekaligus melakukan transaksi penjualan yang dilakukan secara online pada CV. Fajar Lestari.
3.         Salah satu syarat akademik yang harus dilakukan untuk sarat kelulusan matakuliah Praktek Kerja Lapangan.
  

1.5.       Metode Pengumpulan Data
Untuk mempermudah dan demi kelancaran penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini, penulis menggunakan beberapa metode dalam pengumpulan data-datanya, diantanya:
a.        Wawancara (Interview)
Wawancara adalah metode yang dilakukan denga cara tanya jawab secara langsung dengan pegawai yang merupakan bagian terkait mengenai data-data yang diperlukan dalam penuliasan laporan ini.
b.        Pengamatan ( Observation )
Observasi merupakan proses pengamatan yang dilakukan terhadap kegiatan sehari-hari khususnya mengenai proses penjualan yang melibatkan berapa bagian terkait sehingga penulis dapat memperoleh data-data yang diperlukan dalam penyusunan laporan Praktek Kerja Lapangan melalui proses pengamatan sehingga penulis dapat mengambil keputusan.
c.         Tinjauan Pustaka (Library Research)
Merupakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan buku-buku dan browsing dari internet yang berkaitan dengan obyek yang dibahas dengan data yang diperlukan, hal ini dimaksudkan agar penulis dapat memecahkan masalah berdasarkan teori teori yang ada dalam penulisan laporan praktek kerja lapangan.

1.6.       Sistematika Penulisan
Agar mempermudah mendapatkan gambaran umum secara singkat laporan ini, maka sistem penyusunan laporan ini adalah sebagai berikut:
BAB I    Pendahuluan
Bab ini berisikan latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penulisan laporan praktek kerja lapangan, metode pengumpulan data dan sistematika penulisan.
BAB II   Landasan Teori
  Bab ini berisi tentang pengertian dasar judul laporan dan definisi-definisi yang terdapat dalam literatur yang berupa buku dan makalah serta pengertian menurut ahli yang berkaitan dengan masalah yang dibahas antara lain mengenai penjelasan konsep dasar perancangan, konsep dasar sistem, konsep dasar informasi, konsep dasar sistem informasi, konsep dasar penjualan online, konsep dasar internet, perangkat lunak, pengembangan sistem, analisis PIECES, alat bantu pengembang sistem, unified modeling language (UML), metode pengembang sistem, metode waterfall.
BAB III Gambaran Umum Perusahaan
Bab ini menguraikan tentang sejarah singkat CV. Fajar Lestari, visi dan misi CV. Fajar Lestari, dan struktur organisasi CV. Fajar Lestari serta tugas pokok. 

BAB IV Pembahasan
Bab dalam ini menjelaskan tentang uraian kegiatan selama melakukan PKL, analisis sistem yang sedang berjalan yang diterapkan oleh CV. Fajar Lestari, usulan desain pengembangan sistem yang baru.
BAB V  Simpulan dan Saran
Bab ini berisikan simpulan dan saran, simpulan yang merupakan pernyataan singkat, jelas dan tepat tentang apa yang diperoleh dari permasalahan, saran memuat berbagai usulan atau pendapat yang dapat digunakan sebagai masukan untuk perbaikan sistem.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

Posting Komentar

Komentar Lah Dengan Bijak

Next Page

 

Follow Me

Follow Me
Follow Me
Copyright © 2013. Artis Blogger - All Rights Reserved
Design by Gusti Putu Adnyana Powered by idblogsite.com